Rabu, 07 April 2010

Spirit Memimpin

Memimpin adalah pekerjaan mulia,bila pelakunya jujur. Sebab dengannya ia akan mendapatkan kepercayaan. lebih dari itu ia akan mendapatkan pahala yang besar, sebab yang ia tolong bukan orang oerorang, melainkan sejumlah besar manusia. Karenanya Rosulullah saw, memberikan kabar gembira kepada pemimpin yang adil bahwa kelak ia akan termasuk golongan yang dilindungi dari terik yang sangant panas di hari kiamat. Untuk itu tidak cukup seorang pemimoin sekedar bermodal uang, karena kebutuhan rakyat bukan hanya uang. Banyak orang salah paham tentang kepemimpinan.
Sebagian mengira bahwa yang penting dalam memimpin bagaimana membuat rakyat sejahtera secara materi. Bila ini target yang diperjuangkan seorang pemimpin, maka ia akan menjadikan kegiatan pokoknya semata mengejar materi. Pemasukan negara ditingkatkan. Adapun sisi lainnya seperti moral dan agama diabaikan. Akibatnya rakyat menjadi kaya secara materi namun kering dari segi ruhani. Penelitia membuktikan bahwa banyqak rakyat yang hidup di negara-negara kaya menderita secara psikologis. Padahal mereka dari segi materi terpenuhi. Di antara penyakit yang banyak menimpa masyarakat kaya adalah bunuh diri. Ini menunjukkan bahwa kekayaan secara materi bukan satu-satunya target kepemimpinan
Kita tidak butuh pemimpin seperti yang kita gambarkan di atas.Kita butuh pemimpin yang bertanggungjawab, adil dan jujur.Sebab persepsi kepemimpinan yang kita gambarkan tadi adalah persepsi mataerialisme. Sementara, manusia bukan hanya makhluk materi melainkan juga ruhani. Karena itu sosok kepemimpinan yang baik dan membawa rahmat bukan terletak pada idealisme materialistik yang menggebu-gebu, malainkan terketak pada kepribadiannya yang penuh tanggungjawab. Berbagai contoh kepemimipinan yang bermunculan dalam sejarah. Namun yang paling berhasil bukan karena kekayaan negerinya, melainkan karena kejujurannya dan tanggungjawabnya yang tinggi. Dari sini kita ambil kesimpulan bahwa masalah pemimpin adalah masalah moral, sekaligus masalah iman. Sebab semakin kuat iman seorang pemimpin pasti akan semakin baik moralnya. Bila moralnya baik, maka rakyatnya pasti sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
kudus, kudus-jawa tengah, Indonesia
saya adalah akhwat yang teguh dengan komitmennya terhadap Islam dan dakwah

Pengikut